Info Merpati Hias Jenis White Headed Pigeon

Merpati hias ini merupakan species yang hidup natif dan endemik di Australia – lihatpeta. Species yang bersifat terestrial, dan bermigrasi penuh, dimasukkan ke dalam kelompok 

MERPATI ini, menghuni hutan-hutan tropis dan subtropis basah pada dataran rendah dan montane, juga di hutan-hutan yang mengalami kerusakan berat, pada ketinggian 0-0 meter dpl. 

Ancaman utama terhadap species ini adalah menurunnya daya dukung lingkungan, serta perburuan. Setelah mengalami kemerosotan jumlah di masa lalu, pada tahun 1940-an jumlah populasinya mengalami peningkatan, terutama karena terjadinya perluasan wilayah sebaran. 

Jumlah populasi ini masih diperkirakan terus meningkat di alam (increasing), terutama populasi yang menghuni hutan-hutan kamper (Cinnamomum camphora).


species merpati hias ini diketahui berukuran besar (38-41 cm), aktif, dapat ditemukan soliter, berpasangan atau dalam kelompok kecil. Mereka umumnya berperilaku tenang, sering ditemukan terbang lurus dan pesat. Selain mencari makan di kanopi pohon, juga seringkali turun ke tanah untuk mencari biji-bijian. 

Keseluruhan badan berwarna abu-abu gelap mengkilap, dengan punggung dan pangkal leher berwarna hijau berkilau. Kepala, leher, dada, dan perut berwarna putih. Bulu-sayap perimer dan ekor hitam. Paruhnya merah, dengan ujung yang pucat; kaki kemerahan. Sarang dibuat dari ranting-ranting, kasar dan datar, ditempatkan di kanopi pohon sampai ketinggian 18 meter dari tanah. Betina meletakkan satu butir telur, berwarna putih-krem. Berkembangbiak pada bulan Oktober sampai Desember. 

Species ini mengeluarkan suara panggilan yang keras dan kasar: “whoo uk uk uk”, atau terkadang juga suara rendah: “oom… “. Diburu dan ditangkap untuk dijadikan burung peliharaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar